CS1 :
CS2 :
Berita Terbaru:

Pelatihan kader POS PAUD Se-Kabupaten Kebumen Tahun 2012

Rabu, 18 Januari 2012




KEBUMEN-Untuk meningkatkan kualitas Kader PAUD serta penyelenggaraan kegiatan PAUD khususnya di Kabupaten Kebumen, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen mengadakan Pelatihan bagi Kader Pos PAUD se-Kabupaten Kebumen di Gedung PKK Kebumen Rabu 18 Januari 2012.



Pelatihan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Forum PAUD Kebumen, Ketua HIMPAUDI Kabupaten Kebumen, Ketua Paguyuban Kader Pos PAUD Se Kabupaten Kebumen dengan menghadirkan narasumber dari Yogjakarta Setyohadi Purwanto, M.Pdi dan Kabid Pendidikan Anak Usia Dini Pada Dinas Dikpora Ibu Hj. Murni Setyowati, SH.

Dalam sambutan tertulisnya ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen yang disampaikan oleh Ibu Dra. Farita Listiyani menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Forum PAUD Kabupaten Kebumen selaku penyelenggara atas terlaksananya pelatihan bagi kader Pos PAUD.Sebagaimana diketahui, pembentukan karakter seorang anak akan dipengaruhi oleh proses tumbuh kembang saat di usia dini/pra sekolah. Untuk itu diperlukan integritas kegiatan yang berhubungan langsung dengan peningkatan pendidikan bagi anak usia dini salah satunya melalui Pos PAUD. Dimana melalui Pos PAUD, anak usia dini akan mendapatkan pendidikan seiring perkembangan usianya termasuk pemantauan terhadap tumbuh kembang anak, sesuai dengan tujuan Pos PAUD yaitu : memberikan wahana bermain yang mendidik bagi anak usia dini, juga memberikan contoh kepada orangtua dan keluarga tentang cara-cara pemberian rangsangan pendidikan untuk dilanjutkan dirumah.

Selanjutnya, demi tercapainya tujuan pembangunan nasional, yakni Pembangunan Manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya, harus dimulai dari mempersiapkan generasi penerus yang berkualitas. Termasuk salah satunya melalui pendidikan anak sejak usia dini, yang berorientasi pada konsep dasar pembinaan tumbuh kembang anak, mencakup pengembangan pendidikan, kesehatan, sosial dan agama.

Mengingat PAUD merupakan jalur pendidikan non formal serta tumbuh berbasis masyarakat, maka melalui pelatihan ini para Kader PAUD diharapkan dapat mengetahui dan menambah wawasan dalam mengoptimalkan lingkungan pembelajaran serta pendidikan karakter bagi anak usia dini. Sebab usia anak 0 sampai dengan 5 tahun, merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. Usia tersebut merupakan usia penting bagi pengembangan intelejensi permanen, dimana pada masa ini kemampuan anak-anak kita dalam menyerap informasi sangat tinggi. Kecerdasan pada usia ini sangat dipengaruhi oleh rangsangan/stimulus yang diperoleh dari orangtua maupun lingkungan, termasuk pengasuh maupun pendidik dalam kaitan ini adalah Para Kader PAUD.

Lebih lanjut, hal lain yang perlu mendapatkan perhatian berkait dengan tumbuh kembang anak adalah kesehatan anak, termasuk pengawasan gizi anak. Sebab, kondisi gizi anak akan sangat mempengaruhi perkembangan psikologisnya. Dimana hal ini juga dapat dicapai melalui Pengoptimalan layanan Pos PAUD yang penyelenggaraannya diintegrasikan dengan Layanan Bina Keluarga Balita (BKB) dan Posyandu.

Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Ayo Ke Kebumen Januari 2012 | Design by Santo Zaq | Published by Ayo Ke Kebumen | Powered by Blogger.com.