CS1 :
CS2 :
Berita Terbaru:

Tiga Ribu Bakau Ditanam, 18 Januari 2012

Rabu, 18 Januari 2012

KEBUMEN-Sebanyak 3 ribu bibit bakau ditanam di muara Sungai Suwuk, yang masuk wilayah Kecamatan Buayan, Kebumen. Penanaman pohon untuk mengantisipasi erosi dan abrasi itu dilakukan secara simbolis oleh Dandim 0709 Letkol Inf Dany Rakca Andalasawan SAP.

Hadir Kapolsek Buayan AKP Tamsil Margiono SH, Camat Buayan Supoyo SSos dan Danramil dari Perhutani Haryono. Masing-masing secara serempak menanam satu bibit bakau di tebing sungai tersebut. Selanjutnya diikuti oleh personel TNI dan warga setempat.

Dandim Dany Rakca mengatakan, penanaman di sekitar Pantai Suwuk itu dilaksanakan untuk kesekian kalinya. Kendati demikian, bibit pohon yang ditanam di salah satu objek wisata unggulan Kebumen tersebut masih kurang. Pasalnya, di daerah pantai yang terdapat pegunungan itu masih terdapat lahan yang gersang.

Dataran Tinggi

Pihaknya berharap agar dilaksanakan kembali penghijauan di wilayah tersebut. Kali ini, bantuan bibit tembakau yang ditanam itu merupakan bantuan dari Kasdam V Brawijaya, Brigjen Setyo Sularso, yang merupakan warga asli Kebumen. "Penanaman ini salah satu kegiatan dalam rangka mitigasi bencana," jelasnya.

Penanaman tersebut juga untuk mengantisipasi erosi dan abrasi. Dany Rakca mengatakan, wilayah Kebumen rawan bencana. Pihaknya pun berharap agar ada kesiapsiagaan dari semua pihak untuk menghadapi bencana yang bisa datang sewaktu-waktu tersebut. Akhir-akhir ini yang kerap turun hujan, kata Dandim, rawan terjadi banjir dan longsor.

Banjir yang terjadi rupanya tidak hanya berada di wilayah dataran rendah saja. Di daerah pegunungan seperti Karangsambung dan Alian juga rawan banjir. Bahkan beberapa waktu lalu terjadi banjir di Alian akibat luapan Sungai Kedungbener.

Longsor juga tidak hanya berada di pegunungan, tetapi terjadi di wilayah sekitar pantai. Buluspesantren yang mengalami longsor di tebing Sungai Luk Ulo. (K5-84)
sumber : koran suaramerdeka edisi Rabu 18 Januari 2012
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Ayo Ke Kebumen Januari 2012 | Design by Santo Zaq | Published by Ayo Ke Kebumen | Powered by Blogger.com.