CS1 :
CS2 :
Berita Terbaru:

Tiga Rumah Hancur Diterjang Longsor

Minggu, 15 Januari 2012

KEBUMEN- Tiga rumah di Desa Muktisari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen hancur diterjang longsor. Tidak ada korban jiwa menyusul ambrolnya tebing Sungai Luk Ulo yang mengenai rumah berderet tersebut.
Rumah milik Suripto (56), yang dihuni oleh 4 orang itu telah dikosongkan sebelumnya. Pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Kebumen itu pindah ke tempat saudaranya. Begitu juga rumah milik Marsono yang dihuni 7 orang, yang terdiri atas 3 KK, pindah ke rumah tetangga.

Satu rumah lagi yang hancur, hanya terbawa longsoran pada bagian belakang. Penghuni rumah tersebut, Sukardi (74), beserta istrinya, masih memanfaatkan bangunan rumahnya yang tersisa di bagian depan. “Ini pun kami sudah berancang-ancang untuk mengungsi,” kata Sukardi.
Dia yang tidak memiliki tempat tinggal lain itu mengaku akan mengungsi ke rumah anaknya yang masih berada di satu desa tersebut. Rumahnya yang hancur itu membuatnya sedih. Selama puluhan tahun, ia sudah menempati rumah itu. Sebelum berulangkali terjadi longsor, pada bagian belakang rumahnya masih terdapat pekarangan yang berjarak 70 meter, dari tebing Sungai Luk Ulo ke pondasi belakang rumahnya. Di pekarangan tersebut terdapat rerimbunan pohon.
Kini, menyusul erosi sungai berkelok-kelok tersebut, tidak hanya pekarangan beserta pohon yang lenyap, tetapi mengenai rumah Sukardi dan dua tetangganya. Wahyu (35), salah satu anak  Marsono, pemilik rumah yang hancur itu mengaku hanya pasrah menghadapi kenyataan pahit tersebut. Terpaksa ia bersama keluarganya numpang di rumah tetangga.
Menurut Duhri (66), warga Muktisari, kejadian longsor yang berlangsung pada Rabu (4/1) dini hari lalu itu akibat penambangan pasir yang dilakukan secara terus menerus di Sunngai Luk Ulo. Selain itu juga penambangan tanah liat di tebing sungai tersebut.
Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Ayo Ke Kebumen Januari 2012 | Design by Santo Zaq | Published by Ayo Ke Kebumen | Powered by Blogger.com.